recent posts

Manajemen Personalia

Manajemen Personalia
Latar Belakang Manajemen Personalia
Keberadaan tenaga kerja sebagai salah satu faktor produksi sangat penting artinya bagi organisasi.  Dalam perkembangannya, organisasi akan menghadapi permasalahan tenaga kerja yang semakin kompleks, dengan demikian pengelolaan sumber daya manusia harus dilakukan secara profesional  oleh departemen tersendiri dalam suatu organisasi, yaitu Human Resource Departemen (Manajemen Sumber Daya Manusia). Manajemen Sumber Daya Manusia atau yang lebih dikenal dengan Manajemen Personalia adalah manajemen yang mengkhususkan diri dalam bidang personalia atau dalam kepegawaiaan.

Manajemen personalia adalah suatu ilmu dan seni untuk melaksanakan antara lain planning, organizing dn kontroling sehingga efektivitas dan efisiensi personalia dapat ditingkat kan semakasimal mungkin. Memang harus kita ketahui bahwa sukses tidaknya suatu perusahaan /instansi tidak hanya tergantung dari kegiatan dalam bidang personalia , meskipun demikian peranan manajemen personalia cukup besar andilnya terhadap sukses tidaknya.

Manajemen personalia telah dilaksanakan sejak dulu oleh nenek moyang kita, hal ini ternyata dengan adanya bangunan seperti Borobudur, Piramid di Mesir dan sebagainya. Meskipun demikian karena situasi dan kondisi berubah serta kebutuhan yang mendesak, maka sejak abad ke-20 manajemen personalia mulai dekembangkan dan diusahakan untuk diterapkan.

Untuk dapat mengembangkan manajemen personalia maka kita harus sadar bahwa manusia bukanlah benda mati sebab manusia mempunyai perasaan, mereka dapat gembira dan sakit hati , mereka dapat senan dan susah , mereka bukan hanya memerlukan kebutuhan materi tetapi juga mereka juga sering mengharapkan penghargaan dan pengakuaan .

Oleh karena demikiaan banyak faktor yang merupakan aspek dalam kehidupan manusia dalam hubungannya antara satu dengan yang lain, maka untuk mengembangkannya perlu pengetahuaan tentang psikologi, hubungan tentang manusia agama, adat-istiadat dan sebagainya. Memang harus kita yakini bahwa semakin kecil suatu perusahaan, maka semakin kecil peranan menajemen personalia. Sebaliknya dengan semakin besarnya suatu perusahaan maka semakin besar pula peranan manajemen personalia disini. Hal ini dapat kita mengerti, sebab semakin besar suatu perusahaan maka kecenderungan masalah akan personalia semakin bertambah karena semakin besar pula jumlah pegawainya. Dan ini berarti semakin dibutuhkan kinerja administrasi yang lebih baik, pengurusan yang lebih baik, kebijakan-kebijakan yang lebih baik dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena semakin besarnya jumlah personalia, bukan hanya semakin besar jumlah yang harus diurus tetapi semakin kompleks pula persoalan yang harus dihadapi.
Rumusan Masalah.

Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:

  1. Peranan dan tujuan personalia.
  2. Macam/jenis personalia.
  3. Sumber tenaga kerja.
  4. Seleksi tenaga kerja.

Tujuan.

Tujuan utama dalam pembuatan makalah ini adalah untuk membahas seberapa penting peranan personalia dalam sebuah organisasi yang menjadi salah satu faktor penentu bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan, membahas apa saja yang menjadi sumber tenaga kerja, juga bagaimana seleksi tenaga kerja berlangsung disebuah organisasi yang nantinya saling berhubungan dengan kegiatan – kegiatan organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi itu sendiri.

           Perseroan Terbatas (PT)

Manajemen Personalia Manajemen Personalia Reviewed by Cimayang on March 27, 2018 Rating: 5

No comments:

featured post

featuredpost/labeltest,labeltest,labeltest
Powered by Blogger.